Tentang Kami

LATAR BELAKANG

Di tahun 2010, Gunung Merapi yang terletak di 4 kabupaten di propinsi Yogyakarta dan Jawa Tengah memuntahkan laharnya dengan hebat. Ratusan ribu orang mengungsi, ribuan hektar lahan pemukiman, pertanian dan ladang, rusak ditelan lahar. Alhamdulillah, kondisi darurat tersebut bisa di atasi dengan taufik dari Allah kemudian kerjasama masyarakat dan pemerintah di masing-masing daerah.

Berkahnya, pasca ujian tersebut, semakin tumbuh semangat kaum muslimin untuk mempelajari agamanya. Oleh karena itulah Yayasan Muslim Merapi bertekad untuk membuat pesantren masyarakat di lereng Merapi dalam wadah Pesantren Yatim Piatu dan Penghapal Al Quran “Islamic Center Merapi”. Nama Merapi diambil selain mengambil nama tempat berdirinya Pondok ini yaitu di lereng Merapi, juga merupakan kepanjangan dari Menebar Rahmat Atas Petunjuk Ilahi. Alhamdulillah, melalui bantuan dari program Dakwah Merapi Yayasan Pendidikan Islam Al Atsari, area yang direncanakan untuk dijadikan lahan pesantren telah didapatkan.

Lokasi rencana Islamic Center Merapi berlokasi di Dukuh Karanganyar RT.10/02, Desa Mliwis, Kecamatan Cepogo Boyolali Jawa Tengah. Berada sejauh kurang lebih 10 km dari puncak Merapi, lokasi dengan hawa yang sejuk ini Alhamdulillah telah diadakan pula di dalamnya kajian-kajian intensif keagamaan dan kegiatan sosial bersama masyarakat. Kajian intensif membahas materi-materi penting dalam Islam bersama ustadz pengajar dari Ponpes Al Irsyad Salatiga yang berlokasi di dekat Islamic Center Merapi. Selain itu program-program sosial pun telah sering diadakan di antaranya, pembagian hewan qurban, buka puasa bersama dan program-program lainnya.

Untuk mendukung kegiatan-kegiatan kami, tentunya dibutuhkan kerjasama tim yang baik. Adapun susunan pengurus tim Yayasan Muslim Merapi  ini dapat dilihat di : Menu PENGURUS

LANDASAN BERPIJAK
 وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۖ

“Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan taqwa, dan janganlah tolongmenolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. Dan bertaqwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya
Allah amat berat siksa-Nya.” (QS. Al-Maidah : 2)

MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dan tujuan pembebasan tanah serta pendirian Islamic Center ini adalah :

  1.  Sebagai pusat kegiatan Yayasan Merapi sekaligus tempat penyelenggaraan Kajian Islam dan dauroh Syar’iyah (pelatihan agama) di wilayah Cepogo dan sekitarnya.
  2. Sebagai tempat pengembangan dan kaderisasi sumber daya manusia yang beraqidah benar, berakhlaq mulia dan memiliki pemahaman yang lurus sesuai dengan pemahaman dan pengamalan Salafush Shalih. 
  3. Dengan membangun sebuah Islamic Center ini diharapkan mampu memberikan peran dalam perkembangan dakwah Islam di daerah cepogo untuk menuju tertib hidup beragama di bawah naungan dan rahmat Allah.
  4. Pendirian Panti Asuhan yang bertujuan untuk mengasuh anak-anak Yatim dan kurang mampu.