Dakwah Itu Sebuah Kebutuhan

By -
  • Allah subhanahu wa ta’ala membanggakan orang yang duduk di majelis ilmu dihadapan makhluk disisiNya.
  • Dakwah merupakan sebuah kebutuhan, baik bagi da’i yang berdakwah ataupun masyarakat yang didakwahi. Ketika ini menjadi sebuah kebutuhan maka akan terasa nikmat dan tiada beban dalam melakukannya.
  • Berdakwah merupakan ibadah. Allah subhanahu wata’ala memiliki nama-nama yang mulia dan kita diperintahkan untuk beribadah kepada Allah dengan nama-nama tersebut. Kita beribadah kepada Allah dengan nama Ar Rahman, misalnya dengan tidak berputus asa terhadap rahmat Allah, berharap rahmat Allah dan berkasih sayang dengan makhluk Allah. Kita beribadah dengan nama Al Hadi yaitu dengan cara berdakwah.
  • Seorang yang beramal sholih serta berdakwah kepada Allah, hakikatnya mereka adalah pegawai Allah, Allah tidak pernah memPHK pegawainya dan tidak pernah kekurangan untuk memberikan gaji/pahala kepada mereka. Maka hendaknya setiap kita senantiasa semangat dalam mencari ilmu, mengamalkannya serta mendakwahkannya.
  • Ilmu adalah sesuatu yang berharga, ketika kita mengetahui hal ini maka kita akan merasakan kelezatanya dan bersemangat dalam mencarinya.

Sejauh mana dakwah ini menjadi sebuah kebutuhan ?

1. Iblis telah berjanji untuk menggoda manusia dan menggelincirkan mereka ke neraka. Oleh karena itu apabila tidak ada orang yang mendakwahkan ilmu serta mengenalkan agama kepada masyarakat, maka iblis akan leluasa didalam mengajak manusia masuk kedalam neraka.
2. Manusia memiliki kecenderungan untuk mencintai dan memiliki syahwat kepada wanita, anak-anak, kekayaan emas dan perak, kuda, binatang ternak dan pertanian. Ini merupakan hal yang wajar selama dilakukan dengan cara-cara yang halal. Namun bila tidak dikenalkan dengan agama, maka syahwat manusia akan membawa  mereka kepada kerusakan dengan berusaha untuk mendapatkan hal-hal tersebut dengan cara-cara yang tidak halal.
3. Setiap manusia dibekali dengan akal untuk berfikir, namun akal harus dikenalkan dengan agama dan dibimbing dengan risalah. Jika tidak, maka akal akan kalah dan tunduk kepada nafsu. Contoh : Diantara yang paling tahu tentang bahaya rokok adalah para dokter, karena mereka adalah yang paling tahu tentang berbagai ilmu penelitian, namun banyak juga dokter yang merokok. Sebab utamanya adalah karena akal yang pinter dengan berbagai ilmu penelitian tersebut telah tunduk dan kalah dengan nafsu.

Allahu a’lam.

Mendulang Faedah Kajian Ustadz Afifi Abdul Wadud
Cepogo, 07/12/1436 , Ustadz Rusman Ali, Lc

support

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *